Ciri Pohon Flamboyan

Ciri Pohon Flamboyan


Ciri Pohon Flamboyan - Hubungi CS kami
Telp 081235970832 Murah, Berpengalaman, Siap Kirim
Bibit & Pohon Keseluruh Indonesia

Flamboyan atau Delonix regia yaitu tanaman yang ciri khas dengan pohon besar, serta bunga-bunga merah cerah. Flamboyan memiliki nama genus Delonix yang berasal dari kata Yunani delos (punya arti mencolok), dan onyx, berarti cakar. Nama itu mengacu pada tampilan bunga yang memanglah mencolok serta bentuk mahkota bunya mengembang seperti cakar. Pohon ini umumnya dibudidayakan di daerah tropis dan subtropis, termasuk juga Madagaskar, utk tanaman hias. Tanaman ini terancam punah di habitat aslinya dikarenakan perusakan habitat.

Flamboyan tumbuh melebar membuat seperti kanopi atau payung pada ketinggian 9–15 m diatas permukaan laut. jikalau tanaman ini tumbuh di daerah yang miliki 2 musim, jadi bakal gugur kala musim kemarau, tetapi juga akan tetaplah hijau pada musim semi serta dingin pada daerah dengan empat musim. Tumbuhan ini kerap disebut tumbuhan semi-evergreen.

Daun flamboyan miliki bulu di bagian permukaannya. Sistem pertulangan daun bersifat menyirip, dengan panjang 30, 5-50, 8 cm serta lebar 11–25 cm. Bunga-bunga flamboyan mekar secara musiman, biasanya mekar sementara pertengahan musim panas. Bunga flamboyan punyai diameterantara 8 serta 15 cm dan punyai empat kelopak yang berbentuk menebarkan berwarna merah atau oranye-merah kelopak dengan panjang 4–7 cm dan satu mahkota tegak. Bentuk kelopak bunga sedikit tambah besar yg diikuti dengan warna kuning dan putih. Polong yg telah tua berwarna coklat gelap, datar serta kayu dengan panjang sampai 70 cm serta lebar 7 cm.


Ciri Pohon Flamboyan


Jl. Air Mancur No 15 RT.23 RW.2 Ds. Rembang Kecamatan Ngadiluwih
Kediri, Jawa Timur (Alun-Alun ke Selatan 5 km Kiri Jalan)
081235970832 (Telkomsel) / 081556732326 (Indosat)


Ciri Pohon Flamboyan


Ciri Pohon Flamboyan


faedah Bunga Flamboyan



Flamboyan memiliki banyak manfaat, diantaranya :

1. Meningkatkan Mood

Pohon flamboyan yang sedang berbunga memberikannya pemandangan yg sangatlah menarik. bukan cuma pohonnya yang tinggi, tetapi memiliki bentuk yg melebar seperti payung memberikannya perlindungan dari sengatan sinar matahari. Bunga flamboyan yang berwarna mencolok begitu kontras dengan daunnya yang kecil dan hijau membuatnya tampak begitu mengagumkan. tidaklah mengherankan kalau lihat bunga flamboyan sanggup tingkatkan mood sehabis sepanjang hari bekerja dalam ruangan.

2. Penghias Ruangan

sama dengan bunga bunga beda, bunga flamboyan juga punya nilai estetika yang tinggi. oleh karenanya bunga flamboyan dapat juga dimanfaatkan jadi hiasan atau pelengkap dekorasi interior yang mengagumkan.

3. buat Perhiasan

Biji bunga flamboyan yang dapat ditemukan di polongnya yang berwarna kecoklatan ternyata juga banyak miliki manfaat. Salah satunya sebagai perhiasan. coba mengeringkan biji bunga flamboyan lantas tunjukkan warna yang anda gemari. selanjutnya rangkai dalam satu rantai pendek misalnya ingin buat gelang. Kamu bisa juga memanfaatkan biji dari tumbuhan lain agar gelang buatanmu nampak jadi tambah indah.

4. punya potensi sebagai Obat Malaria

Ekstrak tumbuhan flamboyan khususnya daun serta bijinya punya kandungan alkaloid yg cukup tinggi. Senyawa alkaloid ini diakui bisa menghalangi perkembangan dan perkembangan Plasmodium sp, parasit penyebab penyakit malaria.

5. Peneduh
Tumbuhan bunga flamboyan miliki bentuk kanopi yang sangatlah rindang. oleh sebab itu pohon ini banyak ditanam ditepi jalan sebagai peneduh atau pelindung dari sinar matahari.

6. Bahan bangunan
Batang pohon flamboyan cukup besar dan panjang. sering banyak orang-orang yang memanfaatkan batang kayu ini menjadi bahan bangunan. Salah nya yaitu jadi bahan pembuatan pagar tempat tinggal.

langkah Pembibitan Tanaman Bunga Flamboyan


Pembibitan flamboyan dapat ditunaikan lewat biji. Ambil biji flamboyan yang sudah tua, lalu dijemur di bawah sinar matahari hingga biji nyata-nyata kering keseluruhan, lalu simpan biji itu dengan selamaselagi sekitaran 3-4 minggu. sesudah itu, setelah disimpan sekitar sekitar 3-4 minggu, biji disemai pada media tanam yang dibuat dari kombinasi tanah dan pupuk kompos atau pupuk kandang dengan perbandingan 1 : 1. Semai biji dan rawat dengan baik hingga bibit setinggi 1 m baru sanggup dipindahkan ke lahan tanam permanen.

Cara Menanam Bunga Flamboyan


seandainya bibit udah siap, laksanakan penanaman segera. Tanam bibit ke media tanam yang persis seperti cara pemrosesan media semai tadi yaitu gabungan tanah dan pupuk kandang atau pupuk kompos dengan perbandingan 1 : 1. buat lubang dengan kedalaman minimal seputar 50 cm serta tanam dengan arah tegak lurus supaya tanaman tumbuh dengan baik. lantas, timbun kembali serta padatkan media tanam supaya kuat. Lalu laksanakan penyiraman dengan teratur sementara awal masa tumbuhnya.

Cara menjaga Tanaman Bunga Flamboyan


Perawatan yg butuh dijalankan pada tanaman bunga flamboyan ini diataranya penyiraman, penyiangan serta pemupukan. Pemupukan dijalankan buat menyuburkan tanah, pemupukan itu bisa dikerjakan dengan cara berkala yakni setiap 2, 5-3 bulan sekali. Tapi kendati tdk dipupuk samasekali pohon flamboyan dapat masih tumbuh baik serta berbunga indah tapi tidak lebat.


Ciri Pohon Flamboyan


Jl. Air Mancur No 15 RT.23 RW.2 Ds. Rembang Kecamatan Ngadiluwih
Kediri, Jawa Timur (Alun-Alun ke Selatan 5 km Kiri Jalan)
081235970832 (Telkomsel) / 081556732326 (Indosat)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Habitat Pohon Flamboyan

Jarak Tanam Pohon Flamboyan

Cara Menanam Pohon Akasia Daun Lebar