Cara Membedakan Doc Ayam Arab Jantan Dan Betina

Cara Membedakan Doc Ayam Arab Jantan Dan Betina


Cara Membedakan Doc Ayam Arab Jantan Dan Betina - Butuh Info?
Telp 082136783880 Murah, Berpengalaman, Siap Kirim
Bibit Ayam dan segala produk ayam arab/joper ke seluruh Indonesia

Ayam arab menjadi keturunan dari ayam brakel kriel-silver dari Belgia. Disebut ayam arab karena dua hal : pejantannya miliki daya seksual yang tinggi dan keberadaannya di Indonesia melalui telurnya yg dibawa oleh orang yg menunaikan ibadah haji dari Mekah.

rata-rata penduduk gunakan ayam arab karna produksi telurnya tinggi, capai 250-260 butir per tahun dengan berat telur 40-45 gram. bahkan juga hen day puncak produksi dengan pemeliharaan intensif sanggup mencapai 80%. Kuning telur semakin besar volumenya, capai 53, 2% dari total berat telur. Warna kerabang begitu beragam ialah putih, kekuningan dan coklat. Warna kulit yang kehitaman dengan daging yg lebih tipis di banding ayam kampung menjadikannya digunakan sebagai pedaging.




Cara Membedakan Doc Ayam Arab Jantan Dan Betina


CV. Nitnot 


 Jl. Moh Hatta No 4, Kota Blitar – Jawa Timur


Telp / SMS / WA : 082136783880




Cara Membedakan Doc Ayam Arab Jantan Dan Betina


Cara Membedakan Doc Ayam Arab Jantan Dan Betina


Ayam Arab menjadi ayam model petelur yang mempunyai kemampuan bertelurnya cukup tinggi. Produksi telurnya dapat meraih 190 sampai 250 butir per th. dengan berat rata – rata 40 gr. Ayam yg satu ini sedikit berbeda dengan ayam kampung biasanya karena memiliki corak yang menguasai burik hitam putih. bukan sekedar itu ayam arab ini punyai keunggulan yang lain yaitu tidak memiliki pembawaan mengeram. Ayam arab betina mulai bertelur pada umur 5 bulan dengan puncak produksi di atas usia 8 bln..

Ayam Arab enteng dikenali dari warna bulunya. Ayam arab dapat dibedakan menjadi 2 tipe berdasar pada style warna pada bulunya yakni type silver (berwarna putih mengkilap atau orang mengatakannya perak) serta type gold (merah). untuk tipe silver, bulu sepanjang leher berwarna putih mengkilap, bulu punggung putih berbintik hitam, bulu sayap hitam bergaris putih dan bulu ekor dominan hitam bercampur putih. Sedang jenggernya kecil dengan warna merah menyala serta mata hitam dengan dilingkari warna kuning.

Hal utama dalam Usaha Ternak Ayam Arab



1. penelitian Usaha
Dalam memulai bisnis apapun, termasuk juga usaha ternak ayam arabAnda harus jalankan kajian usaha agar memperoleh keuntungan sesuai sama yang diinginkan. kajian usaha dapat disesuaikan dengan kondisi serta keahlian Anda. kajian sederhananya adalah dengan coba beternak ayam arab banyak 1000 ekor. Ayam arab sekitar 1000 ekor untuk produksi telur selagi 2 tahun perlu biasa investasi terus (pembuatan kandang, lahan dan seterusnya) kira-kira Rp 90 juta. serta modal harian sebesar Rp 587. 000 perhari. sesaat pendapatan telur tiap tiap harinya kira-kira 540 butir /hari. Harga telur di market waktu ini merupakan Rp. 1. 800. bila dihitung maka pemasukan harian dari menjual telur yaitu Rp972. 000. Dipotong modal harian sebesar Rp 587. 000 jadi pendapatan harian Anda adalah Rp. 384. 000 per harinya. Dalam sebulan, bermakna Anda udah dapat hasilkan uang sebesar Rp 11. 520. 000. Jadi dalam jangka periode 8 bulan saja, modal awal Anda sebesar Rp 90. 000. 000 udah dapat kembali.

pas ayam petelur udah habis masa produktifitasnya, Anda dapat jual ayam arab sebagai ayam pedaging. yg sudah pasti harganya dapat disesuaikan dengan harga pasaran. Bagaimana? analisis ternak ayam arab di atas benar-benar menguntungkan bukan?

2. Pemberian pakan
Pakan adalah hal mutlak seterusnya yang penting Anda perhatikan dalam bisnis ternak ayam arab. Pakan yang baik dan memiliki nutrisi, tentunya bakal bikin ayam mampu menghasilkan telur dengan kwalitas terbaik. Pakan juga pengaruhi kelancaran ayam dalam bertelur. oleh sebab itu, Anda harus memerhatikan kualitas serta jumlah pakan ayam. andaikata pemberian pakan tidak pas, maka bukan hanya tidak bisa andaikata Anda akan merugi kedepannya.

Dalam 1 hari, pakan ayam diberikan sekitar dua kali ialah saat pagi hari serta siang hari. Masing-masing ayam diberikan setidaknya 80 s/d 90 gr satuhari. Selain itu, Anda harus juga memerhatikan jenis pakan yang akan diberi pada ayam arab petelur ini. Pakan ayam yang diberikan dengan cara intensif yaitu pakan yang punyai kandungan protein sebesar 16 s/d 18%.

selagi kandungan protein itu terpenuhi, jadi ayam arab bakal bertelur dengan lancar serta baik. Bagaimana langkahnya mengetahui baik tidaknya kandungan protein dalam pakan? langkahnya benar-benar gampang, Anda hanya butuh melihat mutu telur yang dibuat apakah dalam keadaan yang bagus atau tidak. seandainya telur yang dibuat ayam arab tersebut punya kulit atau cangkang yang tidak tipis dan keras, jadi artinya pakan yang Anda pilih udah baik. demikian sebaliknya, seandainya cangkang atau kulit telur anjuran serta gampang pecah jadi artinya pakan yg Anda tambahkan kurang bagus dan tidak mempunyai jumlah protein yang diperlukan ayam arab.

semata-mata kabar, ada dua jenis pakan ternak ayam arabyang dapat Anda gunakan yakni pakan organik yang terbuat dari beberapa bahan sayuran dan umbi-umbian serta pakan buatan pabrik berupa seperti dedak atau voor. biasanya peternak ayam lebih pilih pakai pakan pabrik karena lebih enteng serta praktis. Selain itu, pakan buatan pabrik biasanya juga telah tercukupi nutrisinya.

3. Kandang
Setelah menganalisa serta mengetahui pakan yang baik untuk ayam arab, hal setelah itu yang wajib Anda simak dalam usaha ternak ayam arabadalah kandang ayam ternak. Dalam mendirikan kandang ayam ternak, urutankan kandang menghadap ke arah barat atau timur. Hal ini dilaksanakan biar sirkulasi udara dalam kandang baik serta ayam juga mendapatkan cahaya matahari. sinar matahari sangatlah baik buat perlindungan ayam dari virus atau bakteri yg berkembang dengan baik di kotoran ayam. Dengan kandang yang bersih, ayam arab tentunya dapat menghasilkan telur yang berkualitas.

4. Produksi
Tahapan produksi adalah hal yg sangat memastikan apakah proses pemeliharaan Anda selama ini berhasil atau tidak. Karena seumpama ayam mampu membuahkan telur dalam jumlah yang banyak serta memiliki kwalitas, maka mempunyai arti usaha budidaya ternak ayam Anda udah berhasil. Dan demikian sebaliknya, misalnya produksinya minim maka Anda harus lebih giat lagi dalam belajar dan mencari tahu apa penyebabnya produksi telur ayam Anda sedikit.

penting diketahui bahwa ayam arab mampu bertelur sampai 80 hingga 90%. Meskipun demikian, ayam arabtidak senangi mengeram. tidak cuma itu, ayam arab punya daya seksual yg tinggi. Dimana ayam ini dapat kawin banyak 3 kali dalam 15 menit. Jadi tidak heran apabila ayam jenis ini begitu lancar dan banyak menghasilkan telur. dalam soal produksi telur, pengelolaan reproduksi ayam arab amatlah penting. Pasalnya pengelolaan reproduksi ayam sangat berkenaan dengan produksi telur. bila Anda menginginkan berbisnis telur tetas jadi perbandingan jantan dengan betina adalah 1 : 8. kala ayam arab berusia 5 bln., ayam itu sudah dapat menghasilkan telur. Puncak produksi adalah pas ayam berusia 8 bln.. Produksi ternak ayam arabpetelur rata-rata lebih tinggi ketimbang dengan ayam umum.

5. Pengendalian Penyakit Ternak
terkecuali memerhatikan soal produksi serta reproduksi ayam arab, Anda harus juga mampu laksanakan pengendalian penyakit ternak. benar-benar, ayam arab punya daya tahan pada penyakit yang lebih baik dibandingkan dengan ayam tipe buras yang lain. Hanya saja, bukanlah artinya bahwa ayam arab tak dapat terserang penyakit. Sekedar pengetahuan, penyakit yang kerap kali menyerang ayam ini adalah pesau sampar serta Newcasteldesease (ND). Penyakit ayam ini diakibatkan oleh virus serta hingga sekarang belum pula diketemukan obatnya. Jika Anda tidak ingin usaha ternak ayam arabyang dijalani alami kerugian, jadi mencegahan penyakit dengan vaksinasi secara teratur merupakan hal yang perlu dilaksanakan.

Demikianlah banyak hal mutlak yang perlu Anda jalankan saat sebelum mengawali usaha ternak ayam arab. adanya ulasan kesempatan ini, semoga berguna serta dapat jadikan menjadi referensi untuk Anda yang ingin memulai berbisnis.




Cara Membedakan Doc Ayam Arab Jantan Dan Betina


CV. Nitnot 


 Jl. Moh Hatta No 4, Kota Blitar – Jawa Timur


Telp / SMS / WA : 082136783880


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Habitat Pohon Flamboyan

Jarak Tanam Pohon Flamboyan

Cara Menanam Pohon Akasia Daun Lebar