Jarak Tanam Pohon Flamboyan

Jarak Tanam Pohon Flamboyan


Jarak Tanam Pohon Flamboyan - Informasi Lebih lanjut
Telp 081235970832 Murah, Berpengalaman, Siap Kirim
Bibit & Pohon Keseluruh Indonesia

Flamboyan atau Delonix regia merupakan tanaman yang ciri khas dengan pohon besar, serta bunga-bunga merah cerah. Flamboyan punya nama genus Delonix yang berasal dari kata Yunani delos (punya arti mencolok), serta onyx, artinya cakar. Nama itu berpedoman pada tampilan bunga yg memanglah mencolok serta bentuk mahkota bunya mengembang seperti cakar. Pohon ini biasanya dibudidayakan di daerah tropis dan subtropis, termasuk juga Madagaskar, untuk tanaman hias. Tanaman ini terancam punah di habitat aslinya dikarenakan perusakan habitat.

Flamboyan tumbuh melebar membentuk seperti kanopi atau payung pada ketinggian 9–15 m di atas permukaan laut. seandainya tanaman ini tumbuh di daerah yang mempunyai 2 musim, jadi dapat gugur selagi musim kemarau, akan tetapi dapat terus hijau pada musim semi serta dingin pada daerah dengan empat musim. Tumbuhan ini kerap disebut tumbuhan semi-evergreen.

Daun flamboyan memiliki bulu dibagian permukaannya. sistim pertulangan daun berupa menyirip, dengan panjang 30, 5-50, 8 cm serta lebar 11–25 cm. Bunga-bunga flamboyan mekar secara musiman, rata-rata mekar sementara pertengahan musim panas. Bunga flamboyan miliki diameterantara 8 serta 15 cm serta mempunyai empat kelopak yang berupa menyebarkan berwarna merah atau oranye-merah kelopak dengan panjang 4–7 cm serta satu mahkota tegak. Bentuk kelopak bunga sedikit tambah besar yang ditandai dengan warna kuning serta putih. Polong yang udah tua berwarna coklat gelap, datar serta kayu dengan panjang sampai 70 cm serta lebar 7 cm.


Jarak Tanam Pohon Flamboyan


Jl. Air Mancur No 15 RT.23 RW.2 Ds. Rembang Kecamatan Ngadiluwih
Kediri, Jawa Timur (Alun-Alun ke Selatan 5 km Kiri Jalan)
081235970832 (Telkomsel) / 081556732326 (Indosat)


Jarak Tanam Pohon Flamboyan


Jarak Tanam Pohon Flamboyan


Manfaat Bunga Flamboyan



Flamboyan memiliki banyak fungsi, salah satunya :

1. Meningkatkan Mood

Pohon flamboyan yang tengah berbunga memberikannya panorama yg sangat menakjubkan. tidak sekedar pohonnya yg tinggi, tetapi mempunyai bentuk yang melebar seperti payung memberikan perlindungan dari sengatan cahaya matahari. Bunga flamboyan yang berwarna mencolok benar-benar kontras dengan daunnya yang kecil dan hijau membuatnya terlihat sangat menakjubkan. wajar apabila memandang bunga flamboyan sanggup menaikkan mood sehabis sepanjang hari bekerja dalam ruangan.

2. Penghias Ruangan

sama dengan bunga bunga lain, bunga flamboyan juga mempunyai nilai estetika yang tinggi. oleh karenanya bunga flamboyan dapat juga difungsikan menjadi hiasan atau pelengkap dekorasi interior yg menakjubkan.

3. buat Perhiasan

Biji bunga flamboyan yang bisa ditemukan di polongnya yg berwarna kecoklatan ternyata banyak pula mempunyai faedah. di antaranya sebagai perhiasan. Cobalah mengeringkan biji bunga flamboyan selanjutnya tunjukkan warna yang anda gemari. selanjutnya rangkai dalam satu rantai pendek kalau menginginkan buat gelang. anda bisa pula menggunakan biji dari tumbuhan beda biar gelang buatanmu kelihatan jadi lebih indah.

4. Berpotensi menjadi Obat Malaria

Ekstrak tumbuhan flamboyan teristimewa daun serta bijinya punyai kandungan alkaloid yang cukup tinggi. Senyawa alkaloid ini diyakini mampu menghalangi pertumbuhan dan perubahan Plasmodium sp, parasit yang memicu penyakit malaria.

5. Peneduh
Tumbuhan bunga flamboyan mempunyai bentuk kanopi yg sangatlah teduh. oleh sebab itu pohon ini banyak ditanam di pinggir jalan sebagai peneduh atau pelindung dari cahaya matahari.

6. Bahan bangunan
Batang pohon flamboyan cukup besar serta panjang. Tidak jarang banyak orang-orang yang memakai batang kayu ini jadi bahan bangunan. Salah satunya adalah menjadi bahan pembuatan pagar rumah.

Cara Pembibitan Tanaman Bunga Flamboyan


Pembibitan flamboyan sanggup dijalankan lewat biji. Ambil biji flamboyan yg telah tua, lantas dijemur dibawah terik matahari hingga biji betul-betul kering keseluruhan, lantas simpan biji itu dengan selamaselagi seputar 3-4 minggu. sesudah itu, setelah disimpan kira-kira seputar 3-4 minggu, biji disemai pada media tanam yang dibuat dari campuran tanah serta pupuk kompos atau pupuk kandang dengan perbandingan 1 : 1. Semai biji dan rawat dengan baik hingga bibit setinggi 1 m baru bisa dipindahkan ke lahan tanam permanen.

Cara Menanam Bunga Flamboyan


seumpama bibit telah siap, lakukan penanaman selekasnya. Tanam bibit ke media tanam yang seperti sama cara pengolahan media semai tadi yaitu paduan tanah dan pupuk kandang atau pupuk kompos dengan perbandingan 1 : 1. untuk lubang dengan kedalaman minimal lebih kurang 50 cm dan tanam dengan arah tegak lurus agar tanaman tumbuh dengan baik. lalu, timbun kembali dan padatkan media tanam supaya kuat. lantas jalankan penyiraman secara teratur waktu awal masa tumbuhnya.

langkah menjaga Tanaman Bunga Flamboyan


Perawatan yang butuh dilakukan pada tanaman bunga flamboyan ini diataranya penyiraman, penyiangan serta pemupukan. Pemupukan dijalankan buat menyuburkan tanah, pemupukan itu bisa dijalankan dengan berkala yaitu tiap tiap 2, 5-3 bln. sekali. Tapi biarpun tidak dipupuk sekalipun pohon flamboyan dapat masih tumbuh baik serta berbunga indah tetapi tidak lebat.


Jarak Tanam Pohon Flamboyan


Jl. Air Mancur No 15 RT.23 RW.2 Ds. Rembang Kecamatan Ngadiluwih
Kediri, Jawa Timur (Alun-Alun ke Selatan 5 km Kiri Jalan)
081235970832 (Telkomsel) / 081556732326 (Indosat)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Habitat Pohon Flamboyan

Cara Menanam Pohon Akasia Daun Lebar