Pohon Flamboyan Di Indonesia

Pohon Flamboyan Di Indonesia


Pohon Flamboyan Di Indonesia - Hubungi kami dengan
Telp 081235970832 Murah, Berpengalaman, Siap Kirim
Bibit & Pohon Keseluruh Indonesia

Flamboyan atau Delonix regia adalah tanaman yang unik dengan pohon besar, dan bunga-bunga merah cerah. Flamboyan memiliki nama genus Delonix yang datang dari kata Yunani delos (artinya mencolok), dan onyx, bermakna cakar. Nama tersebut mengacu pada tampilan bunga yang memanglah mencolok dan bentuk mahkota bunya mengembang seperti cakar. Pohon ini biasanya dibudidayakan di daerah tropis serta subtropis, termasuk Madagaskar, untuk tanaman hias. Tanaman ini terancam punah di habitat aslinya karena perusakan habitat.

Flamboyan tumbuh melebar membuat seperti kanopi atau payung pada ketinggian 9–15 m diatas permukaan laut. jika tanaman ini tumbuh di daerah yg memiliki 2 musim, jadi juga akan gugur sementara musim kemarau, namun juga akan tetaplah hijau pada musim semi dan dingin pada daerah dengan empat musim. Tumbuhan ini kerap dimaksud tumbuhan semi-evergreen.

Daun flamboyan punya bulu di bagian permukaannya. Sistem pertulangan daun berwujud menyirip, dengan panjang 30, 5-50, 8 cm dan lebar 11–25 cm. Bunga-bunga flamboyan mekar dengan cara musiman, rata-rata mekar waktu pertengahan musim panas. Bunga flamboyan mempunyai diameterantara 8 dan 15 cm dan punyai empat kelopak yang berupa menyebarkan berwarna merah atau oranye-merah kelopak dengan panjang 4–7 cm dan satu mahkota tegak. Bentuk kelopak bunga sedikit lebih besar yg diikuti dengan warna kuning dan putih. Polong yang udah tua berwarna coklat gelap, datar dan kayu dengan panjang hingga 70 cm serta lebar 7 cm.


Pohon Flamboyan Di Indonesia


Jl. Air Mancur No 15 RT.23 RW.2 Ds. Rembang Kecamatan Ngadiluwih
Kediri, Jawa Timur (Alun-Alun ke Selatan 5 km Kiri Jalan)
081235970832 (Telkomsel) / 081556732326 (Indosat)


Pohon Flamboyan Di Indonesia


Pohon Flamboyan Di Indonesia


faedah Bunga Flamboyan



Flamboyan punya banyak kegunaan, diantaranya :

1. menambah Mood

Pohon flamboyan yang tengah berbunga memberikannya panorama yang begitu menakjubkan. bukan sekedar pohonnya yang tinggi, tapi memiliki bentuk yg melebar seperti payung memberikan perlindungan dari sengatan cahaya matahari. Bunga flamboyan yang berwarna mencolok sangat kontras dengan daunnya yang kecil dan hijau membuatnya nampak begitu menakjubkan. tidaklah mengherankan misalnya lihat bunga flamboyan dapat menambah mood sehabis sepanjang hari bekerja dalam tempat.

2. Penghias tempat

sama dengan bunga bunga beda, bunga flamboyan juga punya nilai estetika yg tinggi. oleh sebab itu bunga flamboyan juga dapat dipakai menjadi hiasan atau pelengkap dekorasi interior yang menawan.

3. buat Perhiasan

Biji bunga flamboyan yang dapat ditemukan di polongnya yang berwarna kecoklatan ternyata banyak juga punyai kegunaan. di antaranya sebagai perhiasan. coba mengeringkan biji bunga flamboyan selanjutnya tunjukkan warna yang anda sukai. lalu rangkai dalam satu rantai pendek seandainya pingin bikin gelang. anda bisa pula memakai biji dari tumbuhan beda agar gelang buatanmu tampak semakin indah.

4. miliki potensi jadi Obat Malaria

Ekstrak tumbuhan flamboyan terutama daun serta bijinya miliki kandungan alkaloid yang cukup tinggi. Senyawa alkaloid ini diakui sanggup membatasi pertumbuhan serta perkembangan Plasmodium sp, parasit yang memicu penyakit malaria.

5. Peneduh
Tumbuhan bunga flamboyan memiliki bentuk kanopi yang benar-benar teduh. oleh karenanya pohon ini banyak ditanam di tepi jalan sebagai peneduh atau pelindung dari sinar matahari.

6. Bahan bangunan
Batang pohon flamboyan cukup besar dan panjang. sering banyak orang yang menggunakan batang kayu ini jadi bahan bangunan. Salah nya ialah jadi bahan pembuatan pagar tempat tinggal.

Cara Pembibitan Tanaman Bunga Flamboyan


Pembibitan flamboyan sanggup dijalankan melalui biji. ambillah biji flamboyan yang udah tua, lalu dijemur di bawah terik matahari sampai biji serius kering keseluruhan, lalu simpan biji itu dengan selagiselagi sekitar 3-4 minggu. Selanjutnya, sehabis disimpan lebih kurang lebih kurang 3-4 minggu, biji disemai pada media tanam yg di buat dari paduan tanah dan pupuk kompos atau pupuk kandang dengan perbandingan 1 : 1. Semai biji serta rawat dengan baik hingga bibit setinggi 1 m baru mampu dipindahkan ke lahan tanam permanen.

langkah Menanam Bunga Flamboyan


kalau bibit sudah siap, lakukan penanaman selekasnya. Tanam bibit ke media tanam yg sama dengan cara pengolahan media semai barusan yaitu gabungan tanah dan pupuk kandang atau pupuk kompos dengan perbandingan 1 : 1. bikin lubang dengan kedalaman minimal sekitar 50 cm dan tanam dengan arah tegak lurus biar tanaman tumbuh dengan baik. Kemudian, timbun kembali dan padatkan media tanam supaya kuat. Lalu laksanakan penyiraman dengan teratur pas awal masa tumbuhnya.

langkah Merawat Tanaman Bunga Flamboyan


Perawatan yang butuh dilakukan pada tanaman bunga flamboyan ini diataranya penyiraman, penyiangan dan juga pemupukan. Pemupukan dijalankan buat menyuburkan tanah, pemupukan tersebut dapat ditunaikan dengan berkala yakni setiap 2, 5-3 bln. sekali. Tapi meskipun tidak dipupuk sekalipun pohon flamboyan mau tetaplah tumbuh baik dan berbunga indah akan tetapi tak lebat.


Pohon Flamboyan Di Indonesia


Jl. Air Mancur No 15 RT.23 RW.2 Ds. Rembang Kecamatan Ngadiluwih
Kediri, Jawa Timur (Alun-Alun ke Selatan 5 km Kiri Jalan)
081235970832 (Telkomsel) / 081556732326 (Indosat)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Habitat Pohon Flamboyan

Jarak Tanam Pohon Flamboyan

Cara Menanam Pohon Akasia Daun Lebar