Pohon Flamboyan Indonesia

Pohon Flamboyan Indonesia


Pohon Flamboyan Indonesia - Hubungi CS kami
Telp 081235970832 Murah, Berpengalaman, Siap Kirim
Bibit & Pohon Keseluruh Indonesia

Flamboyan atau Delonix regia merupakan tanaman yang ciri khas dengan pohon besar, serta bunga-bunga merah cerah. Flamboyan miliki nama genus Delonix yang datang dari kata Yunani delos (punya arti mencolok), dan onyx, artinya cakar. Nama tersebut berpedoman pada tampilan bunga yg memang mencolok dan bentuk mahkota bunya mengembang seperti cakar. Pohon ini biasanya dibudidayakan di daerah tropis serta subtropis, termasuk juga Madagaskar, buat tanaman hias. Tanaman ini terancam punah di habitat aslinya lantaran perusakan habitat.

Flamboyan tumbuh melebar membentuk seperti kanopi atau payung di ketinggian 9–15 m di atas permukaan laut. Apabila tanaman ini tumbuh di daerah yang miliki 2 musim, maka akan gugur saat musim kemarau, tapi dapat tetaplah hijau pada musim semi serta dingin pada daerah dengan empat musim. Tumbuhan ini sering dimaksud tumbuhan semi-evergreen.

Daun flamboyan memiliki bulu dibagian permukaannya. sistim pertulangan daun berbentuk menyirip, dengan panjang 30, 5-50, 8 cm serta lebar 11–25 cm. Bunga-bunga flamboyan mekar dengan musiman, kebanyakan mekar selagi pertengahan musim panas. Bunga flamboyan miliki diameterantara 8 dan 15 cm dan punyai empat kelopak yang berbentuk menebarkan berwarna merah atau oranye-merah kelopak dengan panjang 4–7 cm serta satu mahkota tegak. Bentuk kelopak bunga sedikit tambah besar yg diikuti dengan warna kuning serta putih. Polong yang sudah tua berwarna coklat gelap, datar dan kayu dengan panjang sampai 70 cm serta lebar 7 cm.


Pohon Flamboyan Indonesia


Jl. Air Mancur No 15 RT.23 RW.2 Ds. Rembang Kecamatan Ngadiluwih
Kediri, Jawa Timur (Alun-Alun ke Selatan 5 km Kiri Jalan)
081235970832 (Telkomsel) / 081556732326 (Indosat)


Pohon Flamboyan Indonesia


Pohon Flamboyan Indonesia


Manfaat Bunga Flamboyan



Flamboyan mempunyai banyak kegunaan, salah satunya :

1. Meningkatkan Mood

Pohon flamboyan yang sedang berbunga memberikan pemandangan yang benar-benar mengagumkan. Bukan hanya pohonnya yang tinggi, tapi memiliki bentuk yang melebar seperti payung memberikannya perlindungan dari sengatan sinar matahari. Bunga flamboyan yang berwarna mencolok begitu kontras dengan daunnya yang kecil dan hijau membuatnya tampak begitu mempesona. tidaklah mengherankan misalnya memandang bunga flamboyan bisa meningkatkan mood sesudah sepanjang hari bekerja dalam tempat.

2. Penghias ruang

Sama seperti bunga bunga beda, bunga flamboyan juga punya nilai estetika yang tinggi. Oleh karena itu bunga flamboyan bisa juga dimanfaatkan menjadi hiasan atau pelengkap dekorasi interior yg menarik.

3. bikin Perhiasan

Biji bunga flamboyan yang dapat ditemukan di polongnya yang berwarna kecoklatan nyata-nyatanya juga banyak memiliki kegunaan. Salah satunya sebagai perhiasan. coba mengeringkan biji bunga flamboyan selanjutnya beri warna yang anda sukai. Kemudian rangkai dalam satu rantai pendek bila mau membuat gelang. Kamu dapat juga menggunakan biji dari tumbuhan lain agar gelang buatanmu nampak jadi lebih indah.

4. miliki potensi sebagai Obat Malaria

Ekstrak tumbuhan flamboyan terutama daun serta bijinya memiliki kandungan alkaloid yang cukup tinggi. Senyawa alkaloid ini diakui mampu menghambat perkembangan serta perkembangan Plasmodium sp, parasit yang memicu penyakit malaria.

5. Peneduh
Tumbuhan bunga flamboyan punya bentuk kanopi yang benar-benar lebat. oleh sebab itu pohon ini banyak ditanam dipinggir jalan sebagai peneduh atau pelindung dari cahaya matahari.

6. Bahan bangunan
Batang pohon flamboyan cukup besar dan panjang. seringkali beberapa orang yang menggunakan batang kayu ini jadi bahan bangunan. Salah satunya adalah sebagai bahan pembuatan pagar rumah.

Cara Pembibitan Tanaman Bunga Flamboyan


Pembibitan flamboyan sanggup dijalankan melalui biji. ambillah biji flamboyan yang telah tua, lalu dijemur dibawah sinar matahari sampai biji betul-betul kering keseluruhan, lalu simpan biji itu dengan selamaselagi sekitar 3-4 minggu. seterusnya, sehabis disimpan lebih kurang kira-kira 3-4 minggu, biji disemai pada media tanam yang dibuat dari gabungan tanah serta pupuk kompos atau pupuk kandang dengan perbandingan 1 : 1. Semai biji dan rawat dengan baik hingga bibit setinggi 1 m baru mampu dipindahkan ke lahan tanam permanen.

Cara Menanam Bunga Flamboyan


Jika bibit sudah siap, laksanakan penanaman lekas. Tanam bibit ke media tanam yang persis seperti cara pemrosesan media semai tadi yaitu campuran tanah dan pupuk kandang atau pupuk kompos dengan perbandingan 1 : 1. Buat lubang dengan kedalaman minimal sekitar 50 cm dan tanam dengan arah tegak lurus biar tanaman tumbuh dengan baik. lalu, timbun kembali dan padatkan media tanam supaya kuat. Lalu kerjakan penyiraman dengan teratur kala awal masa tumbuhnya.

langkah menjaga Tanaman Bunga Flamboyan


Perawatan yang butuh dikerjakan pada tanaman bunga flamboyan ini diataranya penyiraman, penyiangan serta pemupukan. Pemupukan dikerjakan untuk menyuburkan tanah, pemupukan tersebut sanggup dilaksanakan dengan berkala yaitu tiap-tiap 2, 5-3 bulan sekali. Tapi kendati tidak dipupuk samasekali pohon flamboyan bakal tetap tumbuh baik serta berbunga indah namun tak lebat.


Pohon Flamboyan Indonesia


Jl. Air Mancur No 15 RT.23 RW.2 Ds. Rembang Kecamatan Ngadiluwih
Kediri, Jawa Timur (Alun-Alun ke Selatan 5 km Kiri Jalan)
081235970832 (Telkomsel) / 081556732326 (Indosat)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Habitat Pohon Flamboyan

Jarak Tanam Pohon Flamboyan

Cara Menanam Pohon Akasia Daun Lebar