Cara Menanam Pohon Akasia Daun Lebar

Cara Menanam Pohon Akasia Daun Lebar


Cara Menanam Pohon Akasia Daun Lebar - Hubungi CS kami
Telp 081235970832 Murah, Berpengalaman, Siap Kirim
Bibit & Pohon Keseluruh Indonesia

Pohon akasia menjadi salah satu tanaman yg kerapkali dijumpai di indonesia. type tanaman ini merupakan di antara bahan yang biasa digunakan dalam industri pembuatan pulp serta kertas.

Pohon ini termasuk jadi tanaman dengan siklus panen yg cepat. Di lahan tanah yg hangat seperti di Indonesia, tanaman ini telah bisa dipanen jangka waktu lima sampai enam th.. Jauh lebih cepat seumpama dibanding dengan di Eropa yang capai 25 tahun.

Akasia juga menolong melakukan perbaikan susunan tanah, menahan terjadinya banjir serta tanah longsor. begitu sesuai di tanam di daerah berbukit serta gunung. akan tetapi, pohon ini juga pas di kontur dataran rendah.


Cara Menanam Pohon Akasia Daun Lebar


Jl. Air Mancur No 15 RT.23 RW.2 Ds. Rembang Kecamatan Ngadiluwih
Kediri, Jawa Timur (Alun-Alun ke Selatan 5 km Kiri Jalan)
081235970832 (Telkomsel) / 081556732326 (Indosat)


Cara Menanam Pohon Akasia Daun Lebar


Cara Menanam Pohon Akasia Daun Lebar


kegunaan Kayu Akasia



Kayu akasia termasuk dalam salah satu model kayu yang miliki nilai jual tinggi. waktu ini tempat kayu akasia dalam dunia perabotan rumah tangga berada di bawah kayu jati. Kayu akasia bisa dibuat menjadi beragam variasi perabotan. di bawah ini yaitu beberapa faedah kayu akasia.

- Kayu akasia bisa dimanfaatkan untuk membuat perabotan rumah khususnya buat perabotan yg di letakkan pada bagian dalam rumah. Kayu akasia benar-benar tak dapat difungsikan utk perabotan area luar karena tidak tahan pada sinar serta air.
- Kayu akasia dapat diperlukan buat membuat beragam macam hiasan rumah. berapa benda dan perlengkapan yg unik enteng dibentuk dari kayu akasia. walaupun kayu punyai karakter yg keras namun nyatanya mudah dibuat.
- Kayu akasia dapat dioleh menjadi kombinasi bahan minyak wangi. biarpun pada dasarnya kayu akasia memiliki aroma seperti air kencing tetapi bisa di proses menjadi salah satunya paduan parfum. Proses penyulingan parfum dari kayu akasia dapat ditunaikan dengan kombinasi beberapa bahan kayu lain.
- Kayu akasia dapat diperlukan sebagai hiasan. Beberapa tipe kayu akasia yang udah dibiarkan membatu dengan cara alami bisa dirubah jadi tanaman hias seperti bonsai.
- Kayu akasia juga dapat difungsikan sebagai bahan obat-obatan. Kayu akasia punya kandungan zat tannin yang dapat miliki sifat menjadi astringen. Zat ini mau digunakan buat mengobati beberapa type penyakit seperti problem seksual utk pria, penyakit rabies dan menormalkan takaran gula darah.
- Pohon akasia juga dapat diperlukan menjadi peneduh jalan dan mencegah tanah longsor. ciri pohon akasia yang tahan pada suhu panas serta kering ternyata sesuai untuk melindungi kontur tanah di daerah perbukitan. Namun pohon akasia yg udah tua umumnya lebih rapuh jadi harus cepat ditebang.
- Kayu akasia bisa difungsikan menjadi bahan untuk buat kontruksi rumah. Di beberapa daerah di Indonesia kayu akasia dipotong jadi bermacam macam bentuk kontruksi rumah. Kayu akasia amat keras serta baunya tidak disukai oleh ngengat sebab itu banyak diminati menjadi bahan tempat tinggal.
- Pohon akasia dapat tumbuh di daerah yg rawan seperti lereng-lereng, karena itu pohon akasia bisa berguna untuk menahan banjir serta tanah longsor.
- Kayu dari pohon akasia bisa juga difungsikan buat bikin serat kertas. Serat kertas banyak difungsikan utk buat beberapa bahan pengemas kertas, kardus serta menjadi bahan pokok utk industri yang menggunakan kertas.
- Pohon akasia dapat tingkatkan keseimbangan ekologi jadi bisa melakukan perbaikan struktur tanah terutama buat daerah rawan seperti perbukitan serta pegunungan.

untuk membudidayakan pohon akasia (acacia mangium) dapat ditunaikan dengan memakai semai biji. Berikut lebih dari satu langkah cara menanam akasia dari bijinya :

1. Menyiapkan Benih Akasia
- Pilih biji akasia yang tua serta mempunyai bentuk biji yang sempurna (tidak keriput)
- Jemur biji akasia selama 5-6 jam di sinar matahari, lantas angkat dan letakkan di area yang teduh
- sediakan media persemaian, dapat memanfaatkan polybag atau rak semai. tapi anda bisa pula bikin media semai dengan menggemburkan tanah dan membentuk seperti tegalan.
- campurlah pupuk kompos, tanah, serta pasir sebagai media semai dengan perbandingan 1 : 1 : 1. Biarkan selama 1 hari sebelum saat ditaburi biji akasia.
- Rendam biji akasia selama 1 malam sebelum saat di semai, pisahkan biji yg terbenam dan buang biji akasia yang mengapung karna peluang tumbuh kecil.
- Angkat biji akasia dan tiriskan, kemudian tebarkan secara merata di media semai. Tutup menggunakan lapisan tanah secara merata dan tipis.
- Angkat biji akasia dan tiriskan, lantas tebarkan dengan sama rata di media semai. Tutup memanfaatkan lapisan tanah dengan cara sama rata serta tipis.
- Tutup area atas dengan pelastik transparan atau dedaunan dengan jarak 30cm dari permukaan semaian. hal ini utk merawat kelembaban media semai.
- laksanakan penyiraman pagi serta sore hari dengan penyiraman yang tipis, cuma untuk memelihara kelembaban lahan semaian saja.
- Setelah bibit tumbuh, buka pelastik atau penutup semaian.
- Bibit akasia sanggup dipindahkan ke polybag yang lebih besar setelah menggapai ketinggian 15cm -20cm. Dan letakkan ke lahan yang lebih luas utk menunggu bibit siap ditanam di lahan tanam permanen atau kurang lebih usia penyemaian 5 – 6 bln..

2. buat persiapan lahan Tanam
- Buatlah lubang tanam dengan ukuran 40cm x 40cm dengan kedalaman 40cm. Isi lubang dengan memakai capuran tanah, pupuk kandang serta pasir dengan perbandingan 1 : 2 : 1 (1 tanah : 2 pupuk kandang : 1 pasir) sampai penuh. Biarlkan lubang tanam selama 2 – 3 minggu sebelum saat ditanami. Buat lubang yang sama dengan jarak tanam 4 meter antar lubang dan isi dengan juga capuran tanah, pupuk kandang serta pasir.

3. Menanam Bibit Akasia
- laksanakan penanaman pada awal musim penghujan biar tak membutuhkan usaha yang banyak utk penyiraman. Bibit akasia yg udah mempunyai tinggi batang sekitaran 50cm bisa dipindahkan ke lubang tanam yang disediakan. Gali kembali lubang tanam dengan menggunakan cangkul, dan tempatkan tanah galian di sisi lubang. Buka polybag semaian secara perlahan-lahan, masukkan bibit akasia ke dalam lubang tanam lalu tutup kembali dengan tanah galian. Padatkan tanah penutup dengan beranjak dengan perlahan.

4. Perawatan kelanjutan setelah proses penjarangan merupakan proses pemangkasan cabang juga pengendalian gulam. Pemangkasan cabang dikerjakan sejumlah 2 kali, takni saat penjarangan pertama setelah itu satu tahun setelah penjarangan pertama. Akasia punyai keahlian self pruning yg sangatlah rendah, oleh karena itu akan sangatlah perlu lakukan pruning untuk memperoleh hasil kayu pertukangan yang baik. Keterlambatan pruning dapat memicu berbagai perihal yang merugikan, di antaranya :

5. kurangi pembawaan keteguhan dari kayu, karena juga mata kayu cenderung tegak lurus dengan serat batang pohon
- merepotkan buat pengerjaan lantaran penampang mata kayu jadi lebih keras
- Mengurangi keelokan permukaan kayu
- membawa dampak lubang pada lembaran lembaran vneer


Cara Menanam Pohon Akasia Daun Lebar


Jl. Air Mancur No 15 RT.23 RW.2 Ds. Rembang Kecamatan Ngadiluwih
Kediri, Jawa Timur (Alun-Alun ke Selatan 5 km Kiri Jalan)
081235970832 (Telkomsel) / 081556732326 (Indosat)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Habitat Pohon Flamboyan

Jarak Tanam Pohon Flamboyan