Filosofi Pohon Flamboyan

Filosofi Pohon Flamboyan


Filosofi Pohon Flamboyan - Hubungi kami dengan
Telp 081235970832 Murah, Berpengalaman, Siap Kirim
Bibit & Pohon Keseluruh Indonesia

Flamboyan atau Delonix regia merupakan tanaman yang ciri khas dengan pohon besar, dan bunga-bunga merah cerah. Flamboyan punyai nama genus Delonix yang datang dari kata Yunani delos (mempunyai arti mencolok), serta onyx, artinya cakar. Nama itu merujuk pada tampilan bunga yang benar-benar mencolok serta bentuk mahkota bunya mengembang seperti cakar. Pohon ini kebanyakan dibudidayakan di daerah tropis dan subtropis, termasuk juga Madagaskar, buat tanaman hias. Tanaman ini terancam punah di habitat aslinya lantaran perusakan habitat.

Flamboyan tumbuh melebar membuat seperti kanopi atau payung pada ketinggian 9–15 m di atas permukaan laut. kalau tanaman ini tumbuh di daerah yang memiliki 2 musim, maka bakal gugur waktu musim kemarau, tetapi bakal terus hijau pada musim semi serta dingin pada daerah dengan empat musim. Tumbuhan ini kerap disebut tumbuhan semi-evergreen.

Daun flamboyan memiliki bulu di bagian permukaannya. sistim pertulangan daun berupa menyirip, dengan panjang 30, 5-50, 8 cm serta lebar 11–25 cm. Bunga-bunga flamboyan mekar dengan musiman, kebanyakan mekar waktu pertengahan musim panas. Bunga flamboyan memiliki diameterantara 8 serta 15 cm serta punya empat kelopak yang berupa menyebarkan berwarna merah atau oranye-merah kelopak dengan panjang 4–7 cm dan satu mahkota tegak. Bentuk kelopak bunga sedikit lebih besar yang disinyalir dengan warna kuning dan putih. Polong yg udah tua berwarna coklat gelap, datar dan kayu dengan panjang sampai 70 cm dan lebar 7 cm.


Filosofi Pohon Flamboyan


Jl. Air Mancur No 15 RT.23 RW.2 Ds. Rembang Kecamatan Ngadiluwih
Kediri, Jawa Timur (Alun-Alun ke Selatan 5 km Kiri Jalan)
081235970832 (Telkomsel) / 081556732326 (Indosat)


Filosofi Pohon Flamboyan


Filosofi Pohon Flamboyan


Manfaat Bunga Flamboyan



Flamboyan punyai banyak kegunaan, diantaranya :

1. tingkatkan Mood

Pohon flamboyan yg sedang berbunga berikan panorama yang benar-benar mengagumkan. bukan cuma pohonnya yg tinggi, namun punyai bentuk yang melebar seperti payung berikan perlindungan dari sengatan cahaya matahari. Bunga flamboyan yang berwarna mencolok begitu kontras dengan daunnya yg kecil serta hijau membuatnya kelihatan benar-benar menarik. tidaklah heran andaikan menyaksikan bunga flamboyan bisa menaikkan mood sehabis sepanjang hari bekerja dalam area.

2. Penghias area

persis seperti bunga bunga lain, bunga flamboyan juga memiliki nilai estetika yang tinggi. oleh karenanya bunga flamboyan dapat juga diperlukan menjadi hiasan atau pelengkap dekorasi interior yg mempesona.

3. bikin Perhiasan

Biji bunga flamboyan yang dapat ditemukan di polongnya yang berwarna kecoklatan nyata-nyatanya juga banyak miliki manfaat. diantaranya sebagai perhiasan. coba mengeringkan biji bunga flamboyan lalu berikan warna yg anda senangi. selanjutnya rangkai dalam satu rantai pendek seumpama mau buat gelang. Kamu bisa juga memakai biji dari tumbuhan beda supaya gelang buatanmu terlihat jadi tambah indah.

4. punya harapan jadi Obat Malaria

Ekstrak tumbuhan flamboyan terutama daun serta bijinya mempunyai kandungan alkaloid yg cukup tinggi. Senyawa alkaloid ini diakui mampu menghambat perkembangan dan perubahan Plasmodium sp, parasit penyebab penyakit malaria.

5. Peneduh
Tumbuhan bunga flamboyan mempunyai bentuk kanopi yang benar-benar rindang. oleh sebab itu pohon ini banyak ditanam ditepi jalan menjadi peneduh atau pelindung dari sinar matahari.

6. Bahan bangunan
Batang pohon flamboyan cukup besar dan panjang. sering banyak orang-orang yg menggunakan batang kayu ini menjadi bahan bangunan. Salah nya ialah sebagai bahan pembuatan pagar rumah.

Cara Pembibitan Tanaman Bunga Flamboyan


Pembibitan flamboyan mampu dijalankan lewat biji. ambillah biji flamboyan yang udah tua, lalu dijemur di bawah terik matahari hingga biji sungguh-sungguh kering total, lalu simpan biji itu dengan selamaselagi seputar 3-4 minggu. Selanjutnya, sesudah disimpan lebih kurang lebih kurang 3-4 minggu, biji disemai pada media tanam yang di buat dari kombinasi tanah dan pupuk kompos atau pupuk kandang dengan perbandingan 1 : 1. Semai biji dan rawat dengan baik hingga bibit setinggi 1 m baru sanggup dipindahkan ke lahan tanam permanen.

Cara Menanam Bunga Flamboyan


andaikata bibit telah siap, jalankan penanaman segera. Tanam bibit ke media tanam yang persis seperti cara pemrosesan media semai barusan yaitu paduan tanah serta pupuk kandang atau pupuk kompos dengan perbandingan 1 : 1. buat lubang dengan kedalaman minimal kurang lebih 50 cm serta tanam dengan arah tegak lurus biar tanaman tumbuh dengan baik. Kemudian, timbun kembali serta padatkan media tanam supaya kuat. selanjutnya laksanakan penyiraman dengan rutin waktu awal masa tumbuhnya.

langkah Merawat Tanaman Bunga Flamboyan


Perawatan yg butuh dilakukan pada tanaman bunga flamboyan ini diataranya penyiraman, penyiangan serta pemupukan. Pemupukan dilaksanakan buat menyuburkan tanah, pemupukan tersebut sanggup dikerjakan secara berkala yakni tiap tiap 2, 5-3 bln. sekali. Tapi walaupun tak dipupuk samasekali pohon flamboyan bakal tetaplah tumbuh baik dan berbunga indah tapi tidak lebat.


Filosofi Pohon Flamboyan


Jl. Air Mancur No 15 RT.23 RW.2 Ds. Rembang Kecamatan Ngadiluwih
Kediri, Jawa Timur (Alun-Alun ke Selatan 5 km Kiri Jalan)
081235970832 (Telkomsel) / 081556732326 (Indosat)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Habitat Pohon Flamboyan

Jarak Tanam Pohon Flamboyan

Cara Menanam Pohon Akasia Daun Lebar