Habitat Pohon Flamboyan

Habitat Pohon Flamboyan


Habitat Pohon Flamboyan - Hubungi CS kami
Telp 081235970832 Murah, Berpengalaman, Siap Kirim
Bibit & Pohon Keseluruh Indonesia

Flamboyan atau Delonix regia merupakan tanaman yg khas dengan pohon besar, serta bunga-bunga merah cerah. Flamboyan mempunyai nama genus Delonix yg berasal dari kata Yunani delos (mempunyai arti mencolok), dan onyx, artinya cakar. Nama tersebut merujuk pada tampilan bunga yang memanglah mencolok dan bentuk mahkota bunya mengembang seperti cakar. Pohon ini kebanyakan dibudidayakan di daerah tropis serta subtropis, termasuk juga Madagaskar, untuk tanaman hias. Tanaman ini terancam punah di habitat aslinya lantaran perusakan habitat.

Flamboyan tumbuh melebar membuat seperti kanopi atau payung pada ketinggian 9–15 m diatas permukaan laut. bila tanaman ini tumbuh di daerah yg punya 2 musim, maka akan gugur kala musim kemarau, tapi akan tetaplah hijau pada musim semi serta dingin pada daerah dengan empat musim. Tumbuhan ini sering dimaksud tumbuhan semi-evergreen.

Daun flamboyan punyai bulu di bagian permukaannya. sistim pertulangan daun berwujud menyirip, dengan panjang 30, 5-50, 8 cm dan lebar 11–25 cm. Bunga-bunga flamboyan mekar dengan cara musiman, umumnya mekar kala pertengahan musim panas. Bunga flamboyan memiliki diameterantara 8 serta 15 cm dan memiliki empat kelopak yg berupa menyebarkan berwarna merah atau oranye-merah kelopak dengan panjang 4–7 cm juga satu mahkota tegak. Bentuk kelopak bunga sedikit semakin besar yang ditandai dengan warna kuning dan putih. Polong yang udah tua berwarna coklat gelap, datar serta kayu dengan panjang hingga 70 cm serta lebar 7 cm.


Habitat Pohon Flamboyan


Jl. Air Mancur No 15 RT.23 RW.2 Ds. Rembang Kecamatan Ngadiluwih
Kediri, Jawa Timur (Alun-Alun ke Selatan 5 km Kiri Jalan)
081235970832 (Telkomsel) / 081556732326 (Indosat)


Habitat Pohon Flamboyan


Habitat Pohon Flamboyan


faedah Bunga Flamboyan



Flamboyan punyai banyak faedah, salah satunya :

1. menambah Mood

Pohon flamboyan yg sedang berbunga memberikan panorama yg sangat mengagumkan. tidak sekedar pohonnya yang tinggi, namun memiliki bentuk yg melebar seperti payung memberi perlindungan dari sengatan cahaya matahari. Bunga flamboyan yang berwarna mencolok sangat kontras dengan daunnya yang kecil dan hijau membuatnya tampak begitu menawan. tidaklah mengherankan seumpama lihat bunga flamboyan sanggup tingkatkan mood sehabis seharian bekerja dalam tempat.

2. Penghias tempat

sama dengan bunga bunga beda, bunga flamboyan juga mempunyai nilai estetika yang tinggi. oleh karenanya bunga flamboyan juga dapat diperlukan jadi hiasan atau pelengkap dekorasi interior yang menarik.

3. buat Perhiasan

Biji bunga flamboyan yang bisa ditemukan di polongnya yang berwarna kecoklatan ternyata banyak juga miliki fungsi. satu diantaranya sebagai perhiasan. Cobalah mengeringkan biji bunga flamboyan selanjutnya tunjukkan warna yang anda senangi. lalu rangkai dalam satu rantai pendek bila mau membuat gelang. anda bisa juga memakai biji dari tumbuhan lain supaya gelang buatanmu kelihatan makin indah.

4. miliki potensi jadi Obat Malaria

Ekstrak tumbuhan flamboyan teristimewa daun serta bijinya punyai kandungan alkaloid yang cukup tinggi. Senyawa alkaloid ini dipercaya dapat membatasi pertumbuhan dan perubahan Plasmodium sp, parasit penyebabnya penyakit malaria.

5. Peneduh
Tumbuhan bunga flamboyan miliki bentuk kanopi yang begitu lebat. oleh sebab itu pohon ini banyak ditanam di tepi jalan menjadi peneduh atau pelindung dari cahaya matahari.

6. Bahan bangunan
Batang pohon flamboyan cukup besar dan panjang. sering beberapa orang yang memanfaatkan batang kayu ini jadi bahan bangunan. Salah nya yaitu sebagai bahan pembuatan pagar tempat tinggal.

Cara Pembibitan Tanaman Bunga Flamboyan


Pembibitan flamboyan bisa dilakukan melalui biji. Ambil biji flamboyan yang telah tua, selanjutnya dijemur di bawah sinar matahari hingga biji betul-betul kering keseluruhan, lantas taruh biji tersebut dengan selagiselagi sekitaran 3-4 minggu. lalu, sehabis disimpan kurang lebih lebih kurang 3-4 minggu, biji disemai pada media tanam yang di buat dari gabungan tanah dan pupuk kompos atau pupuk kandang dengan perbandingan 1 : 1. Semai biji dan rawat dengan baik hingga bibit setinggi 1 m baru dapat dipindahkan ke lahan tanam permanen.

langkah Menanam Bunga Flamboyan


andaikan bibit telah siap, jalankan penanaman segera. Tanam bibit ke media tanam yg sama dengan cara pemrosesan media semai tadi yaitu kombinasi tanah dan pupuk kandang atau pupuk kompos dengan perbandingan 1 : 1. Buat lubang dengan kedalaman minimum kira-kira 50 cm dan tanam dengan arah tegak lurus supaya tanaman tumbuh dengan baik. lalu, timbun kembali serta padatkan media tanam agar kuat. selanjutnya jalankan penyiraman dengan teratur waktu awal masa tumbuhnya.

Cara Merawat Tanaman Bunga Flamboyan


Perawatan yang perlu dijalankan pada tanaman bunga flamboyan ini diataranya penyiraman, penyiangan dan pemupukan. Pemupukan dilakukan untuk menyuburkan tanah, pemupukan tersebut sanggup ditunaikan dengan berkala yaitu setiap 2, 5-3 bulan sekali. Tapi kendati tidak dipupuk sekalipun pohon flamboyan akan tetap tumbuh baik dan berbunga indah namun tak lebat.


Habitat Pohon Flamboyan


Jl. Air Mancur No 15 RT.23 RW.2 Ds. Rembang Kecamatan Ngadiluwih
Kediri, Jawa Timur (Alun-Alun ke Selatan 5 km Kiri Jalan)
081235970832 (Telkomsel) / 081556732326 (Indosat)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Jarak Tanam Pohon Flamboyan

Cara Menanam Pohon Akasia Daun Lebar