Menanam Pohon Flamboyan

Menanam Pohon Flamboyan


Menanam Pohon Flamboyan - Hubungi CS kami
Telp 081235970832 Murah, Berpengalaman, Siap Kirim
Bibit & Pohon Keseluruh Indonesia

Flamboyan atau Delonix regia yaitu tanaman yg khas dengan pohon besar, dan bunga-bunga merah cerah. Flamboyan punya nama genus Delonix yang berasal dari kata Yunani delos (artinya mencolok), dan onyx, bermakna cakar. Nama itu berpedoman pada penampilan bunga yang benar-benar mencolok dan bentuk mahkota bunya mengembang seperti cakar. Pohon ini kebanyakan dibudidayakan di daerah tropis dan subtropis, termasuk juga Madagaskar, utk tanaman hias. Tanaman ini terancam punah di habitat aslinya lantaran perusakan habitat.

Flamboyan tumbuh melebar membentuk seperti kanopi atau payung pada ketinggian 9–15 m diatas permukaan laut. Apabila tanaman ini tumbuh di daerah yg punyai 2 musim, jadi dapat gugur saat musim kemarau, akan tetapi juga akan tetap hijau pada musim semi dan dingin pada daerah dengan empat musim. Tumbuhan ini juga seringkali dimaksud tumbuhan semi-evergreen.

Daun flamboyan punya bulu dibagian permukaannya. sistim pertulangan daun berwujud menyirip, dengan panjang 30, 5-50, 8 cm dan lebar 11–25 cm. Bunga-bunga flamboyan mekar dengan musiman, biasanya mekar saat pertengahan musim panas. Bunga flamboyan mempunyai diameterantara 8 dan 15 cm serta miliki empat kelopak yang berbentuk menebarkan berwarna merah atau oranye-merah kelopak dengan panjang 4–7 cm dan satu mahkota tegak. Bentuk kelopak bunga sedikit semakin besar yang ditandai dengan warna kuning serta putih. Polong yang udah tua berwarna coklat gelap, datar serta kayu dengan panjang sampai 70 cm serta lebar 7 cm.


Menanam Pohon Flamboyan


Jl. Air Mancur No 15 RT.23 RW.2 Ds. Rembang Kecamatan Ngadiluwih
Kediri, Jawa Timur (Alun-Alun ke Selatan 5 km Kiri Jalan)
081235970832 (Telkomsel) / 081556732326 (Indosat)


Menanam Pohon Flamboyan


Menanam Pohon Flamboyan


Manfaat Bunga Flamboyan



Flamboyan mempunyai banyak manfaat, salah satunya :

1. menaikkan Mood

Pohon flamboyan yang tengah berbunga memberi panorama yang sangat mempesona. bukan sekedar pohonnya yg tinggi, tapi punyai bentuk yang melebar seperti payung memberikannya perlindungan dari sengatan sinar matahari. Bunga flamboyan yang berwarna mencolok begitu kontras dengan daunnya yg kecil serta hijau membuatnya terlihat begitu menakjubkan. wajar apabila memandang bunga flamboyan mampu meningkatkan mood setelah sepanjang hari bekerja dalam ruangan.

2. Penghias area

persis seperti bunga bunga lain, bunga flamboyan juga miliki nilai estetika yang tinggi. Oleh karena itu bunga flamboyan bisa juga dipakai menjadi hiasan atau pelengkap dekorasi interior yg menawan.

3. buat Perhiasan

Biji bunga flamboyan yang dapat ditemukan di polongnya yang berwarna kecoklatan nyata-nyatanya banyak juga mempunyai faedah. di antaranya sebagai perhiasan. coba mengeringkan biji bunga flamboyan lantas tunjukkan warna yang kamu sukai. selanjutnya rangkai dalam satu rantai pendek kalau ingin membuat gelang. anda bisa juga menggunakan biji dari tumbuhan beda biar gelang buatanmu nampak semakin indah.

4. miliki potensi jadi Obat Malaria

Ekstrak tumbuhan flamboyan teristimewa daun dan bijinya punyai kandungan alkaloid yang cukup tinggi. Senyawa alkaloid ini diyakini dapat halangi pertumbuhan dan perkembangan Plasmodium sp, parasit yang memicu penyakit malaria.

5. Peneduh
Tumbuhan bunga flamboyan miliki bentuk kanopi yang begitu teduh. oleh sebab itu pohon ini banyak ditanam di tepi jalan jadi peneduh atau pelindung dari sinar matahari.

6. Bahan bangunan
Batang pohon flamboyan cukup besar serta panjang. sering beberapa orang yg memakai batang kayu ini jadi bahan bangunan. Salah nya ialah jadi bahan pembuatan pagar rumah.

langkah Pembibitan Tanaman Bunga Flamboyan


Pembibitan flamboyan sanggup ditunaikan lewat biji. Ambil biji flamboyan yang sudah tua, lalu dijemur di bawah sinar matahari hingga biji benar-benar kering keseluruhan, selanjutnya taruh biji tersebut dengan selagiselagi kurang lebih 3-4 minggu. seterusnya, setelah disimpan sekitar lebih kurang 3-4 minggu, biji disemai pada media tanam yang di buat dari paduan tanah dan pupuk kompos atau pupuk kandang dengan perbandingan 1 : 1. Semai biji serta rawat dengan baik sampai bibit setinggi 1 m baru dapat dipindahkan ke lahan tanam permanen.

Cara Menanam Bunga Flamboyan


jikalau bibit telah siap, laksanakan penanaman lekas. Tanam bibit ke media tanam yang persis seperti langkah pengolahan media semai tadi yakni gabungan tanah dan pupuk kandang atau pupuk kompos dengan perbandingan 1 : 1. Buat lubang dengan kedalaman minimum sekitar 50 cm serta tanam dengan arah tegak lurus supaya tanaman tumbuh dengan baik. lalu, timbun kembali dan padatkan media tanam biar kuat. selanjutnya laksanakan penyiraman secara teratur saat awal masa tumbuhnya.

langkah menjaga Tanaman Bunga Flamboyan


Perawatan yg perlu dilaksanakan pada tanaman bunga flamboyan ini diataranya penyiraman, penyiangan serta pemupukan. Pemupukan dikerjakan utk menyuburkan tanah, pemupukan tersebut mampu dijalankan dengan cara berkala yakni tiap-tiap 2, 5-3 bln. sekali. Tapi meskipun tidak dipupuk sekalipun pohon flamboyan bakal masih tumbuh baik dan berbunga indah tapi tidak lebat.


Menanam Pohon Flamboyan


Jl. Air Mancur No 15 RT.23 RW.2 Ds. Rembang Kecamatan Ngadiluwih
Kediri, Jawa Timur (Alun-Alun ke Selatan 5 km Kiri Jalan)
081235970832 (Telkomsel) / 081556732326 (Indosat)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Habitat Pohon Flamboyan

Jarak Tanam Pohon Flamboyan

Cara Menanam Pohon Akasia Daun Lebar