Pohon Flamboyan Wikipedia

Pohon Flamboyan Wikipedia


Pohon Flamboyan Wikipedia - Informasi Lebih lanjut
Telp 081235970832 Murah, Berpengalaman, Siap Kirim
Bibit & Pohon Keseluruh Indonesia

Flamboyan atau Delonix regia yaitu tanaman yang unik dengan pohon besar, serta bunga-bunga merah cerah. Flamboyan mempunyai nama genus Delonix yang datang dari kata Yunani delos (mempunyai arti mencolok), serta onyx, bermakna cakar. Nama tersebut mengacu pada tampilan bunga yang memang mencolok dan bentuk mahkota bunya mengembang seperti cakar. Pohon ini kebanyakan dibudidayakan di daerah tropis serta subtropis, termasuk juga Madagaskar, buat tanaman hias. Tanaman ini terancam punah di habitat aslinya lantaran perusakan habitat.

Flamboyan tumbuh melebar membuat seperti kanopi atau payung di ketinggian 9–15 m diatas permukaan laut. seandainya tanaman ini tumbuh di daerah yg punyai 2 musim, maka bakal gugur waktu musim kemarau, namun dapat tetap hijau pada musim semi serta dingin pada daerah dengan empat musim. Tumbuhan ini sering disebut tumbuhan semi-evergreen.

Daun flamboyan punyai bulu di bagian permukaannya. sistim pertulangan daun berupa menyirip, dengan panjang 30, 5-50, 8 cm dan lebar 11–25 cm. Bunga-bunga flamboyan mekar dengan musiman, umumnya mekar waktu pertengahan musim panas. Bunga flamboyan punyai diameterantara 8 serta 15 cm serta punyai empat kelopak yang berbentuk menebarkan berwarna merah atau oranye-merah kelopak dengan panjang 4–7 cm dan satu mahkota tegak. Bentuk kelopak bunga sedikit lebih besar yang disinyalir dengan warna kuning serta putih. Polong yg udah tua berwarna coklat gelap, datar serta kayu dengan panjang sampai 70 cm serta lebar 7 cm.


Pohon Flamboyan Wikipedia


Jl. Air Mancur No 15 RT.23 RW.2 Ds. Rembang Kecamatan Ngadiluwih
Kediri, Jawa Timur (Alun-Alun ke Selatan 5 km Kiri Jalan)
081235970832 (Telkomsel) / 081556732326 (Indosat)


Pohon Flamboyan Wikipedia


Pohon Flamboyan Wikipedia


Manfaat Bunga Flamboyan



Flamboyan punyai banyak faedah, salah satunya :

1. menambah Mood

Pohon flamboyan yang tengah berbunga memberikan pemandangan yang sangat menakjubkan. tidak sekedar pohonnya yg tinggi, akan tetapi punyai bentuk yg melebar seperti payung memberi perlindungan dari sengatan cahaya matahari. Bunga flamboyan yang berwarna mencolok sangat kontras dengan daunnya yang kecil dan hijau membuatnya kelihatan sangat mengagumkan. tidaklah mengherankan kalau lihat bunga flamboyan sanggup meningkatkan mood sehabis seharian bekerja dalam area.

2. Penghias area

Sama seperti bunga bunga lain, bunga flamboyan juga punya nilai estetika yg tinggi. Oleh karena itu bunga flamboyan bisa juga diperlukan menjadi hiasan atau pelengkap dekorasi interior yang menarik.

3. Membuat Perhiasan

Biji bunga flamboyan yang dapat diketemukan di polongnya yg berwarna kecoklatan nyatanya juga banyak miliki kegunaan. diantaranya menjadi perhiasan. coba mengeringkan biji bunga flamboyan lalu tambahkan warna yg kamu gemari. lalu rangkai dalam satu rantai pendek jika menginginkan membuat gelang. anda juga bisa memakai biji dari tumbuhan beda supaya gelang buatanmu nampak jadi tambah indah.

4. punya potensi sebagai Obat Malaria

Ekstrak tumbuhan flamboyan khususnya daun serta bijinya mempunyai kandungan alkaloid yang cukup tinggi. Senyawa alkaloid ini diakui mampu membatasi pertumbuhan serta perkembangan Plasmodium sp, parasit yang memicu penyakit malaria.

5. Peneduh
Tumbuhan bunga flamboyan punya bentuk kanopi yg begitu lebat. oleh sebab itu pohon ini banyak ditanam dipinggir jalan sebagai peneduh atau pelindung dari cahaya matahari.

6. Bahan bangunan
Batang pohon flamboyan cukup besar dan panjang. Tidak jarang banyak orang-orang yg menggunakan batang kayu ini jadi bahan bangunan. Salah satunya adalah jadi bahan pembuatan pagar tempat tinggal.

langkah Pembibitan Tanaman Bunga Flamboyan


Pembibitan flamboyan sanggup dilaksanakan lewat biji. Ambil biji flamboyan yg sudah tua, lantas dijemur di bawah sinar matahari hingga biji sungguh-sungguh kering total, lantas taruh biji itu dengan selagiselagi sekitar 3-4 minggu. setelah itu, setelah disimpan kira-kira seputar 3-4 minggu, biji disemai pada media tanam yang dibuat dari kombinasi tanah dan pupuk kompos atau pupuk kandang dengan perbandingan 1 : 1. Semai biji serta rawat dengan baik sampai bibit setinggi 1 m baru mampu dipindahkan ke lahan tanam permanen.

langkah Menanam Bunga Flamboyan


kalau bibit udah siap, lakukan penanaman segera. Tanam bibit ke media tanam yang seperti sama langkah pengolahan media semai barusan yaitu campuran tanah serta pupuk kandang atau pupuk kompos dengan perbandingan 1 : 1. bikin lubang dengan kedalaman sekurang-kurangnya kira-kira 50 cm serta tanam dengan arah tegak lurus agar tanaman tumbuh dengan baik. lantas, timbun kembali serta padatkan media tanam agar kuat. lantas laksanakan penyiraman dengan teratur waktu awal masa tumbuhnya.

langkah menjaga Tanaman Bunga Flamboyan


Perawatan yang butuh dilaksanakan pada tanaman bunga flamboyan ini diataranya penyiraman, penyiangan dan juga pemupukan. Pemupukan ditunaikan utk menyuburkan tanah, pemupukan itu dapat ditunaikan dengan berkala yaitu tiap tiap 2, 5-3 bln. sekali. Tapi meskipun tdk dipupuk sekalipun pohon flamboyan dapat tetap tumbuh baik dan berbunga indah tetapi tidak lebat.


Pohon Flamboyan Wikipedia


Jl. Air Mancur No 15 RT.23 RW.2 Ds. Rembang Kecamatan Ngadiluwih
Kediri, Jawa Timur (Alun-Alun ke Selatan 5 km Kiri Jalan)
081235970832 (Telkomsel) / 081556732326 (Indosat)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Habitat Pohon Flamboyan

Jarak Tanam Pohon Flamboyan

Cara Menanam Pohon Akasia Daun Lebar